Kamis, 20 Oktober 2011

Sistem Informasi Manajemen

SIM sebenarnya tertuang pada tiga kata pembentuknya, yaitu “sistem”, “informasi”, dan “manajemen”. Sistem merupakan kumpulan elemen yang saling berhubungan satu sama lain yang membentuk satu kesatuan dalam usaha mencapai suatu tujuan. Di perusahaan yang dimaksud elemen sistem adalah kumpulan" yang bersifat internal seperti persediaan barang , peralatan" kantor , bagian keuangan , bagian yang mengatur jalannya perusahaan , bagian penjualan dan termasuk juga yg eksternal seperti pelanggan juga termasuk dari elemen-elemen sistem .

Informasi adalah hasil pemrosesan data yang diperoleh dari setiap elemen sistem tersebut menjadi bentuk yang mudah dipahami dan merupakan pengetahuan yang relevan yang dibutuhkan oleh orang untu menambah pemahamannya terhadap fakta-fakta yang ada. Informasi bagi setiap elemen akan berbeda satu sama lain sesuai dengan kebutuhannya masing-masing Manajemen terdiri dari proses atau kegiatan yang dilakukan oleh pengelola perusahaan seperti merencanakan (menetapkan strategi, tujuan dan arah tindakan), mengorganisasikan, mengkoordinir dan mengendalikan operasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan agar bisa menjalankan sistem informasi dengan baik dan benar.

Manajemen adalah sebuah proses atau suatu yang mengendalikan , mengatur organisasi atau perusahaan agar dapat mencapai tujuan yang inginkan .


kesimpulan, bahwa SIM adalah suatu sistem yang dirancang untuk menyediakan informasi guna mendukung pengambilan keputusan pada kegiatan manajemen dalam suatu organisasi .




Tidak ada komentar:

Posting Komentar