Minggu, 06 November 2011

E-Commerce

E-Commerce ( Electronic Commerce) : E-commerce merupakan suatu cara berbelanja atau berdagang secara online atau direct selling yang memanfaatkan fasilitas Internet dimana terdapat website yang dapat menyediakan layanan “get and deliver“. E-commerce akan merubah semua kegiatan marketing dan juga sekaligus memangkas biaya-biaya operasional untuk kegiatan trading (perdagangan).

E-Commerce / Electronic Commerce (e-business) adalah kegiatan bisnis yang dijalankan (misalnya transaksi bisnis) secara elektronik melalui suatu jaringan (biasanya internet) dan komputer atau kegiatan jual - beli barang atau jasa (atau mentransfer uang) melalui jalur komunikasi digital.

  1. Proses-proses yang ada dalam E-commerce adalah dibawah ini :

1.   Presentasi electronis (Pembuatan Web site) untuk produk dan layanan.
      2.   Pemesanan secara langsung dan tersedianya tagihan.
      3.   Otomasi account Pelanggan aman (baik nomor rekening maupun nomor Kartu Kredit).
      4.   Pembayaran yang dilakukan secara Langsung (online) dan penanganan transaksi.

  1. Keuntungan yang diperoleh dengan menggunakan transaksi melalui E-commerce bagi       suatu perusahaan adalah sebagai berikut :

  1. Meningkatkan pendapatan dengan menggunakan online channel yang biayanya lebih murah.
  2. Mengurangi biaya-biaya yang berhubungan dengan kertas, seperti biaya pos surat, pencetakan, report, dan sebagainya.
  3. Mengurangi keterlambatan dengan mengunakan transfer elektronik / pembayaran yang tepat waktu dan dapat langsung dicek.
  4. Mempercepat pelayanan ke pelanggan, dan pelayanan lebih responsif.


C. Tujuan dari aplikasi e-commerce adalah :

1.      Orang yang ingin membeli barang atau transaksi lewat internet hanya membutuhkan akses internet dan interface-nya menggunakan web browser.
2.      Menjadikan portal e-commerce / e-shop tidak sekedar portal belanja, tapi menjadi tempat berkumpulnya komunitas dengan membangun basis komunitas, membangun konsep pasar bukan sekedar tempat jual beli dan sebagai pusat informasi (release, product review, konsultasi, etc).
3.      Pengelolaan yang berorientasi pada pelayanan, kombinasi konsepsi pelayanan konvensional dan virtual : Responsif (respon yang cepat dan ramah), Dinamis, Informatif dan komunikatif.
4.      Informasi yang up to date, komunikasi multi-arah yang dinamis.
5.      Model pembayaran : kartu kredit atau transfer.



D. Kelebihan dari E-Commerce adalah :

  1. Mengurangi biaya Komunikasi dalam melakukan Transaksi, karena dapat dilakukan secara online via Internet.
  2. Menghilangkan Perbedaan antara perusahaan besar dan perusahaan kecil.
  3. Memudahkan konsumen untuk memilih barang 24 jam, tanpa harus pergi ketempat secara langsung.
  4. Mempercepat dan mempermudah Transaksi, Dapat dilakukan Via ATM.
  5. Harga yang dijual lebih murah.

E. Selain kelebihan, E-Commerce juga memiliki kekurangan, yaitu :

  1. Infrastruktur yang masih terbatas dan mahal.
  2. Kurangnya Rasa Percaya antar satu sama lain.
  3. Ketepatan waktu pengiriman barang, dan jangkauan tempat pengiriman barang.
  4. Rawan Kejahatan, contoh nya : Pemalsuan ATM, dll.
  5. Bukti Transaksi kurang jelas dari segi hukum.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar